Maret 07, 2011

Teknologi Internet CDMA

Pada awalnya koneksi internet CDMA disebut sebagai CDMA One yang merupakan teknologi generasi 2 (2G). Versinya disebut sebagai IS-95A. Dengan kecepatan awal hanya sebatas 14,4 Kbps maka CDMA kemudian melakukan pengembangan
pada sistem 2,5G yang menawarkan kecepatan lebih tinggi. Pada sistem ini faktor kecepatan ditingkatkan hingga 64 Kbps. Standar revisinya menjadi IS-95B.
           Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, dikenalkan teknologi CDMA 20001x. Dengan teknologi baru ini, kapasitas suara memiliki keunggulan 2 kali lipat lebih baik dibandingkan generasi CDMA One. Kemampuan oleh data dapat dipergunakan hingga mencapai 307 Kbps pada keadaan bergerak (mobile). Terakhir, teknologi terbaru diimplementasikan dalam wujud CDMA EV-DO REV.A, dimana EV-DO merupakan singkatan dari Evolution Data Optimized. Teknologi ini merupakan pengembangan dari CDMA EVDO Rev.0. Pada teknologi CDMA EV-DO REV.A, kecepatan download yang ditawarkan mencapai 3,1 Mbps dan kemampuan upload hingga 1,8 Mbps. Secara umum, teknologi EV-DO lebih baik apabila dibandingkan dengna teknologi GPRS pada ponsel GSM.
            Berbeda dengan teknologi GPRS, teknologi EV-DO memiliki keunggulan dalam kemampuan menyalurkan khusus data. Jadi saat traffic suara meningkat, hal ini tidak akan mempengaruhi traffic data yang dipergunakan. Dan ketika ponsel tak berada dalam jangkauan CDMA EV-DO, ponsel akan segera beralih ke jaringan CDMA 2000 1x. ( Tabloid Pulsa Edisi 202)

Related Posts:

2 komentar:

Unknown mengatakan...

kl saya lebih milih internetan pke CDMA tapi sayang sinyal EV-DO belum masuk :( kadang kl lg upload file yang gede2 suka putus di akhir episode :(.

Nain Spot mengatakan...

jd agan skrng pke intrnet CDMA, tpi msih jringan CDMA 2000 1x y?

Posting Komentar