Maret 24, 2011

Atlantis ‘Kota yang hilang’ kemungkinan berada di Selatan Spanyol


Tim peneliti pencarian lokasi asli Atlantis dari Universitas Hartford, Connecticut yang diketuai oleh Prof. Richard Freund telah mengklaim menemukan letak kota tersebut.
Atlantis merupakan sebuah kota legendaris yang dipercaya hilang karena diterjang gelombang tsunami ribuan tahun yang lalu. Para peneliti ini menyimpulkan bahwa Atlantis terletak di selatan Spanyol, di sekitar utara Cadiz. Di daerah tersebut terkubur tanah rawa yang luas dari lokasi Dona Ana Park yang dipercaya menjadi lokasi kuno Atlantis.
Tim yang terdiri dari para arkeolog dan geolog ini menggunakan foto satelit untuk mengambil gambar lokasi kota yang hilang itu. Pada tahun 2009 dan 2010 tim ini juga menggunakan kombinasi dari radar bawah tanah, peta digital, dan teknologi bawah air untuk mensurvei lokasi. Tim Freund menemukan serangkaian tanda-tanda aneh yang memiliki kesamaan dengan suatu daerah di pusat Spanyol yang disebut dengan ‘Kota Kenangan’. Serangkaian tanda-tanda ini dipercaya dibangun pengungsi kota Atlantis setelah kota itu disapu tsunami. Freund mengatakan bahwa penemuan tentang ‘Kota Kenangan’ ini menjadi simpul yang membuatnya percaya bahwa Atlantis terkubur dalam lumpur di pantai selatan Spanyol. Warga Atlantis yang bertahan dalam tsunami kemudian menyelamatkan diri ke pedalaman dan membangung kota baru di sana. Tsunami di kawasan ini telah terdokumentasikan selama berabad-abad. Salah satu yang terbesar dilaporkan adalah 10 cerita tentang gelombang pasang yang melanda Lisabon pada November 1755.
Para ahli berencana melakukan penggalian lebih lanjut di kawasan rawa di pantai selatan Spanyol yang dipercaya sebagai letak kota Atlantis. Selain itu penelitian juga akan dikaitkan dengan keberadaan ‘Kota Kenangan’ di pusat Spanyol, 150 mil dari situs Atlantis. Tujuannya adalah untuk mempelajari formasi geologi dan artefak saat ini. Atlantis disebutkan pertama kali oleh filsuf Yunani, Plato sekitar 2.600 tahun lalu. Plato mendeskripsikan Atlantis sebagai suatu pulau yang terletak di seberang selat pilar-pilar Hercules. Kondisi ini diinterpretasikan sebagai Selat Gibraltar. Plato mengatakan bahwa “Atlantis hilang dalam sehari semalam di kedalaman laut”.

Related Posts:

0 komentar:

Posting Komentar